INILAH MANFAAT DARI COCOPEAT UNTUK MEDIA TANAM DAN PEMBIBITAN / CANGKOK

adsense 336x280 cara membuat cocopeat media tanam, manfaat cocopeat sebagai media tanam, kelebihan cocopeat sebagai media tanam, pengertian cocopeat sebagai media tanam, media tanaman cocopeat

COCOPEAT SEBAGAI MEDIA TANAM DAN CANGKOK
cocopeat adalah media tanam yang terbuat dari serbuk sabut kelapa, cocopeat biasa di hasilkan dari penggilingan sabut kelapa / limbah dari sabut kelapa yang di proses unuk mendapatkan serat atau fiber dari sabut kelapa itu sendiri.
cocopeat bisa di manfaatkan untuk media tanam organik dan hidroponik, cangkok, atau pembibitan.
cara penggunaan cocopeat sendiri sebaiknya di cuci terlebih dahulu untuk mengilangkan zat tanin yang dapa mengganggu pertumbuhan tanaman.
untuk menghilangkan zat tanin sangatlah mudah hanya perlu mencuci nya atau direndam beberpa waktu lalu sisa airnya di buang atau dibilas. selanjutnya cocopeat di keringkan.


Saat ini tidak sedikit media tanam yang biasa dipakai dalam perlengkapan tanam hidroponik yang tidak memakai tanah. Salah satu media tanam yang biasa dipakai dalam sistem tanam ini ialah Cocopeat. Media cocopeat dapat didapatkan di toko pertanian maupun online store penyedia perlengkapan hidroponik langganan anda. Untuk memahami lebih lanjut apa kelemahan dan keunggulan cocopeat sebagai media tanam, simak keterangan berikut.Cocopeat ialah media tanam hidroponik yang tergolong media organic karena diciptakan dari bahan alami yakni sabut atau tempurung kelapa. Cocopeat pun adalahsalah satu produk Coconut coir (media tanam yang berasal dari kelapa) yang popular di Indonesia disamping jenis coconut coir yang lain laksana coco fiber dan coco chips. Bentuk dan tekstur cocopeat lebih serupa serbuk kayu hasil gergaji dan lebih lembut dikomparasikan media coconut coir lainnya. Cocopeat diciptakan dari tempurung kelapa yang diproses sedemikian rupa sampai-sampai siap dipakai untuk menempatkan tanaman secara hidroponik. Kelebihan Cocopeat Sebagai media tanam organik, cocopeat memiliki sejumlah kelebihan atau keunggulan dikomparasikan media tanam lainnya. Kelebihan cocopeat itu antara lain
Teksturnya serupa tanah
Bentuk dan tekstur cocopeat serupa tanah dan butirannya yang halus menciptakan tanaman bisa beradaptasi dengan baik laksana halnya andai ditanam pada tanah. Perbedaan cocopeat dengan media tanam tanah melulu pada kandungan nutrisinya dimana cocopeat tidak berisi unsure hara laksana tanah. Oleh sebab tersebut untuk menempatkan tumbuhan dengan cocopeat, tumbuhan tidak hanya diguyur air melainkan pun larutan nutrisi.
Kelebihan cocopeat yang bisa menyerap air dengan baik
Cocopeat adalahmedia tanam yang mempunyai daya serap air yang lumayan tinggi dan bisa menyimpan air dalam jumlah yang lebih tidak sedikit daripada yang ditampung dalam tanah. Cocopeat bisa menyimpan dan menjaga air 10 kali lebih baik dari tanah dan urusan ini paling baik tentunya untuk tanaman yang tumbuh dengan sistem hidroponik. Karena dapat mengawal air dengan baik, akar tumbuhan tidak gampang kering dan bisa terhidrasi dengan baik.
Ramah lingkungan
Karena tercipta dari bahan organic, cocopeat paling ramah lingkungan dan bisa terdegradasi dalam tanah dengan baik andai sudah tidak digunakan. Selain tersebut cocopeat pun dapat didaur ulang berubah menjadi media tanam baru pastinya dengan sejumlah proses tertentu.
Lebih tahan hama
Beberapa jenis hama laksana hama yang berasal dari tanah tidak suka berada dalam cocopeat dan urusan ini tentunya dapat melindungi tumbuhan dengan lebih baik dan menjaganya dari serangan hama.
Lebih gampang untuk pemula
Menanam tumbuhan dengan cocopeat paling dianjurkan untuk mereka yang baru mulai belajar menempatkan tanaman secara hidroponik. Cocopeat mudah dipakai saat kesatu kali menempatkan karena format dan teksturnya laksana tanah. Kekurangan Cocopeat Meskipun memiliki tidak sedikit kelebihan, cocopeat pun memiliki sejumlah kekurangan diantaranya sebagai berikut
Tidak steril dari pathogen
Meskipun cocopeat tidak berisi hama tetap saja sebelum dipakai cocopeat mesti disterilkan terlebih dahulu dengan teknik mencucinya dan mengeringkannya terlebih dahulu.
Kurang sesuai untuk akar tumbuhan yang tidak suka basah
Karema cocopeat dapat menyangga air lebih lama maka media tanam ini usahakan tidak dipakai untuk menempatkan tanaman dengan perakaran yang tidak menyukai situasi basah laksana tanaman kol atau brokoli.
Tidak berisi bagian hara atau Inert
Meskipun format dan teksturnya serupa tanah, ingat bahwa cocopeat tidak berisi unsure hara apapun sampai-sampai saat dipakai sebagai media tanam, butuh ditambahkan larutan nutrisi dan suplemen yang menyokong pertumbuhan tanaman. Berbagai merk cocopeat dapat didapatkan saat ini meskipun harganya relative mahal, akan namun jika kamu ingin mengupayakan membudidayakan tumbuhan dengan media ini, tidak terdapat salahnya guna mencoba.

untuk mendapatkan cocopeat anda bisa hubungi kami wa 0878-4830-8585
atau kunjungi kami di SINI adsense 336x280

0 Response to "INILAH MANFAAT DARI COCOPEAT UNTUK MEDIA TANAM DAN PEMBIBITAN / CANGKOK"

Post a Comment